DIY: Mengganti dudukan plat nomor Kawasaki Vulcan S 650

Dear braders, salah satu hal yang bisa mengurangi kegantengan Kawasaki Vulcan S adalah letak dudukan dan plat nomor yang tepat berada di ‘jidat’ atas kepala head lamp. Untuk motor naked, tentu plat nomor ini menutupi lekuk2 lampu sehingga mengurangi keindahan. Selain itu, kalau nanti mau pasang windscreen (akan SMB bahas dalam artikel ke depan), dudukan plat ini juga harus dicopot.

Plat nomor di 'jidat'

Plat nomor di ‘jidat’

Nah, bagaimana cara menghilangkannya dan mengganti dengan dudukan lain? Begini braders, langkah2nya.

Setelah sekrup dibuka dengan kunci L lalu angkat batok lampu agar bisa terlepas semua, menyisakan kabel lampu yang masih menempel.

Selanjutnya proses pemotongan besi plat nomor seperti pada gambar di atas. Agar rapi, potong pas di sambungan las. Memang ada 2 pilihan untuk melepas plat nomor: dengan gergaji atau dengan las. Masalahanya kalau las, harus melepas dudukan dan perkabelan di handle bar, ini cukup merepotkan. Makanya SMB memilih menggergajinya.

Selanjutnya, bagaimana cara memasang plat nomor? Nah SMB menggunakan dudukan plat NVL (Vixion), SMB beli dari online shop, harganya 40ribuan. Lalu sedikit dimodifikasi, dilas dan hasilnya seperti dibawah ini.

Nah, hasil akhir pemasangannya seperti di bawah ini. Plat nomor bisa dipindah dari ‘jidat’ ke ‘leher’ sehingga wajah lebih ‘bersih’ dan windscreen bisa dipasang.

Posisi plat dari samping

Posisi plat dari samping

Posisi dari depan

Posisi dari depan

Jadi, bagaimana pendapat braders? Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to DIY: Mengganti dudukan plat nomor Kawasaki Vulcan S 650

  1. lexy leksono says:

    Udh pake windscreen dan tas samping ya mas? Kalo saya plat nomor nempel di windscreen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *