Alternatif exhaust Kawasaki Vulcan S

Dear Braders, dari pengalaman membaca posting di blog maupun diskusi di forum2, salah satu faktor yang penting dalam memilih motor gede adalah suaranya. Ada brader bilang, percuma punya motor gambot kalo suaranya lembut :).

Suara mesin 1 silinder tentu berbeda dengan 2 silinder, apalagi 4 silinder yang sangat ‘merdu’. Bahkan sesama 2 silinder juga berbeda, contoh Harley Davidson memiliki suara khas, demikian juga Ducati.

Knalpot original (stock exhaust) Kawasaki Vulcan S

Knalpot original (stock exhaust) Kawasaki Vulcan S

Nah bagaimana dengan suara Kawasaki Vulcan S? Yuk kita obrolin di sini.

Kawasaki Vulcan S pada dasarnya menggunakan mesin yang sama dengan ER6N dan ER6F, jadi tentu karakter mesin dan juga suaranya tidak akan beda jauh dengan model tersebut. Jadi untuk braders yang berharap mendapatkan suara khas seperti Harley, Ducati atau Kawasaki Vulcan versi sebelumnya, tentu siap2 akan kecewa. Suaranya bahkan mirip2 N250R.

Selain itu, karena masih relatif baru, belum semua pabrikan knalpot kesohor mendukungnya. Dari beberapa diskusi forum2 di US yang pernah SMB ikuti, baru Two Brothers dan Delkevic yang sudah memproduksi knalpot untuk Kawasaki Vulcan ini. Sedangkan Yoshimura, Scorpion, V&H belum berencana membuatnya, sementara Cobra dengan mengembangkan.

Di dalam negeri sendiri sudah ada yg jual knalpot Kawasaki Vulcan S brader bisa searching di google atau cek toko online, salah satu yang SMB lihat cukup banyak variasi barang2 otomotif, bukalapak.com. Ada juga beberapa custom builder yang sudah membuat knalpot khusus Kawasaki Vulcan.

Berikut beberapa alternatif knalpot yang ada di pasaran:

Two Brothers

Delkevic

AK Industries, buatan anak negeri

Ada juga yang mencoba memodifikasi exhaust standar agar lebih keras

Untuk exhaust buatan luar negeri, bisa kita harus order langsung via online, tentu dengan harga yang lumayan mahal. Untuk di dalam negeri, exhaust buatan bengkel custom bro Janu di AK Induestries sangat keren dan macho, silahkan cek di sini. Selain itu knalpot replika juga bisa dipesan di Genetic Racing atau Panji Knalpot Purbalingga.

Masalah suara tentu juga tergantung selera. Menurut opini SMB, untuk Kawasaki Vulcan S dengan karakter penampilan yang kekar dan macho, cocoknya suaranya harus lebih garang, lebih keras namun dengan suara bass, sehingga kesannya lebih berwibawa. Dari beberapa knalpot yang ada di pasaran, menurut pengamatan SMB, lebih banyak menawarkan knalpot racing dengan suara tinggi melengking pada saat dibejek rpm tinggi yang, menurut penilaian SMB, lebih cocok untuk sport bike. So, SMB masih mencari exhaust yang cocok sesuai selera.

Jadi bagaimana menurut braders? Semoga bermanfaat!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 Responses to Alternatif exhaust Kawasaki Vulcan S

  1. Narmadi says:

    Kunjungan pertama di Blog Pak Arif,,salam kenal semoga bisa kopi darat bersama kawasaki vulcan s :-)

  2. Taufan Yogihanurawan says:

    Thanks bro Arif,
    baru dateng nih Vulcan S ku,
    Selesai baca, jadi mau ganti knalpot juga

    • admin says:

      Kemarin saya sudah ganti knalpot yg doble muffler, cuma setelah dipikir2, suaranya terlalu keras :). Akhirnya dikembalikan yang standard lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *